Kista

kista-ovariumKista adalah suatu keadaan normal pada tubuh berupa kantung-kantung yang berisi cairan, bisa kentaln seperti gel (mucus) bisa juga cair (serous). Bisa berbentuk kantung tunggal atau bisa juga berbentuk anggur. Kista paling banyak ditemukan pada wanita menjelang menopause.

Tetapi kista dapat terjadi pada wanita pasca menopause, terutama jika mereka menjalani terapi sulih hormone. Kista paling sering ditemukan pada ovarium (indung telur) dan payudara. Penyebabnya masih menjadi misteri, tetapi ada
literature yang menyebutkan bahwa pemicunya adalah radikal bebas, dan adanya telur yang gagal berovulasi serta hasil produksi kelenjar-kelenjar yang ada di ovarium atau dipayudara yang tidak bisa dikeluarkan akhirnya tertampung dan makin lama makin besar.

Cedera payudara diduga juga dapat memicu kista payudara. Kista jinak (diameter kurang dari 5  cm) biasanya merupakan kista fisiologis yang akan menghilang dengan sendirinya.

Sedangkan kista yang bisa berkembang menjadi tumor ganas ataupun kanker disebut kista patologi, 20-30% kista dapat berpotensi menjadi ganas. Keadaan itu ditandai dengan terjadinya pembesaran kista dalam waktu singkat.

Selama ini, satu-satunya jalan yang disarankan adalah dengan cara mengangkat kista tersebut, walaupun tidak ada jaminan setelah diangkat tidak akan terbentuk kista kembali. Selama seorang wanita masih mampu menghasilkan sel telur, kemungkinan terjadinya kista akan tetap ada.

Oleh karena itu menjaga kondisi kesehatan dengan asupan nutrisi yang cukup serta mengkonsumsi antioksidan penangkal radikal bebas akan sangat membantu mencegah timbulnya kista.

Gejala

Kista pada umunya tidak disertai dengan keluhan atau gejala spesifik. Keluhan biasanya akan muncul jika ukuran kista sudah membesar dan letaknya menganggu organ lain di sekitarnya. Beberapa  gejala yang terjadi antara lain:

  • Perut agak membuncit, kembung, mual, gangguan nafsu makan
  • Gangguan buang air besar dan buang air kecil
  • Pada wanita yang tidak hamil, kista ini akam menbuat menstruasi terlambat diikuti dengan perpanjangan dan pendarahan ireguler
  • Pada kista payudara timbul nyeeri pada payudara

Jika Anda mengalami penyakit ini, produk yang dapat kami sarankan adalah:

Niwana SOD dengan dosis 3 X 2 – 3 X 3 sachet diminum 1 jam sebelum makan. Berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kista. Klik disini untuk informasi Niwana SOD

Supergreen Food dengan dosis 2 X 10 diminum 2 jam setelah makan. Supergreen Food mengandung zat anti kanker untuk menghambat pertumbuhan kista menjadi kanker. Klik disini untuk informasi Supergreen Food

Pembalut dan Pantyliner Natesh merupakan pembalut dan pantyliner yang bebas dioksin yang dapat mencegah pembentukan kista. Klik disini untuk informasi Natesh.

Klik disini untuk membaca testimony

Related Posts

Leave a Reply