Asam Urat

asam-uratAsam urat merupakan suatu penyakit yang banyak dialami akhir-akhir ini. Asam urat disebabkan oleh sisa metabolisme zat purin yang masuk ke dalam tubuh kita dalam jumlah yang berlebihan.

Penyakit asam urat seringkali diderita oleh pria dikarenakan pria tidak memiliki hormon esterogen yang membantu pengeluaran zar purin yang berlebihan melalui air seni (urine).

Sedangkan jumlah penderita asam urat pada wanita lebih kecil dibandingkan dengan jumlah penderita karena wanita memiliki hormon esterogen tersebut. Namun bukan berarti wanita tidak dapat terserang asam urat, jika Anda mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin, maka resiko Anda untuk terserang asam urat pun akan meningkat.

Purin merupakan zat yang berasal dari bahan makanan yang diambil dari makhluk hidup. Dapat dikatakan juga bahwa dalam setiap tubuh makhluk hidup terdapat zat purin. Ketika kita mengkonsumsi bahan makanan tersebut, maka kita juga memasukkan zat purin ke dalam tubuh kita. Di dalam berbagai jenis buah dan sayuran banyak juga terkandung purin. Purin juga bisa dihasilkan dari pengrusakan sel tubuh yang terjadi karena suatu penyakit tertentu.

Gejala asam urat

Pada umumnya para penderita asam urat akan mengalami pembengkakan pada daerah sekitar ibu jari kaki dan sendi lutut dan juga biasanya disertai oleh rasa nyeri atau rasa kesemutan yang hebat.

Pada area yang mengalami pembengkakan tersebut akan sangat sensitif sekali bila disentuh atau jika Anda secara tidak sengaja bersentuhan dengan anggota tubuh lain atau benda disekitar Anda. Umumnya pembengkakan ini akan berasa nyeri yang luar biasa ketika pagi saat bangun tidur ataupun malam menjelang tidur.

Kami sarankan bagi Anda yang mengalami pembengkakan ini agar tidak memijat daerah tersebut maupun menyentuhnya, karena hal tersebut dapat menimbulkan bengkak semakin parah dan meradang. Banyak-banyaklah minum air putih dan berolahraga teratur supaya tidak terjadi hal seperti diatas.

Makanan yang Harus Dihindari

Jika Anda pernah menderita asam urat atau sudah terlanjur terserang penyakit ini, Anda wajib untuk mengontrol makanan yang masuk ke dalam mulut kita, jangan asal mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung zat purin yang tinggi seperti jeroan, sarden, usus, babat, daging sapi, daging unggas, dan khususnya berbagai jenis kacangan-kacangan.

Cara Mencegah

Bagi Anda yang belum terserang penyakit asam urat, sebaiknya Anda mencegahnya supaya Anda tidak pernah mengalami penyakit ini. Anda harus disiplin dalam menjaga pola hidup serta pola makanan Anda agar selalu hidup dengan sehat. Berikut beberapa cara mencegah asam urat:

  1. Banyak-banyaklah minum air putih, umumnya sekitar 2,5 liter atau kurang lebih 10 gelas setiap hari.
  2. Biasanya setelah kita banyak meminum air, umumnya kita akan sering pula untuk kencing. Janganlah sekali-sekali menahan kencing agar pengeluaran zat purin di dalam tubuh Anda berlangsung lancer. Lagipula menahan kencing dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit lainnya seperti kencing batu permasalahan pada saluran kencing.
  3. Konsumsilah makanan yang banyak terkandung karbohidrat di dalamnya seperti, roti, singkong, ubi dan nasi. Makanan-makanan tersebut dapat juga membantu untuk proses dalam mengeluarkan asam urat melaui urin.
  4. Hindari makanan-makanan yang tidak sehat seperti gorengan serta makanan yang mengandung banyak santan karena hal tersebut dapat menghambat proses pengeluaran asam urat di dalam tubuh.
  5. Buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, blewah, jambu air dapat Anda konsumsi secara teratur untuk membantu pengeluaran asam urat di dalam tubuh.

Pada penderita asam urat setelah menjalani berbagai terapi dan pengobatan akan dapat normal kembali. Akan tetapi karena di dalam tubuhnya terdapat potensi terhadapt menumpuknya asam urat kembali, maka kami sarankan supaya Anda mengontrol makanan dan jaga pola hidup berolahraga secara teratur.

Jika Anda mengalami penyakit ini, produk yang dapat kami sarankan adalah:

Niwana SOD dengan dosis 3 X 1 sachet / hari diminum 1 jam sebelum makan. Fungsinya adalah senyawa antioksidannya mampu menghambat pembentukan asam urat. Klik disini untuk informasi Niwana SOD

Fish Oil + EPO dengan dosis 2 X 1 softgel diminum setelah makan. Fungsinya adalah sebagai anti inflamasi (peradangan). Klik disini untuk informasi Minyak Ikan.

atau

Stopirai dengan dosis 3 x 1-2 kapsul/hari diminum langsung setelah makan. Fungsinya adalah membantu meringankan gejala gout dan kekambuhan. Klik disini untuk informasi Stopirai

Klik disini untuk membaca testimony

Leave a Reply